25 Agustus 2013

Apa itu NETSTAT ????



Memantau Jaringan dengan netstat




Bagi seorang administrator pastinya memerlukan sebuah alat untuk memantau kinerjanya. Program yang digunakan pun harus sesuai untuk memantau kinerja sistem jaringan, misalnya netstat. Netstat merupakan salah satu perintah dasar pada GNU/Linux yang mempunyai fungsi untuk memantau aktifitas yang ada di jaringan dan tentunya dijalankan dengan mode teks alias dengan terminal/konsol.
Sebagai contoh, jika ingin melihat koneksi TCP gunakan netstat diikuti oleh opsi –tcp. Perintah tersebut akan menunjukkan daftar koneksi TCP yang sedang terjadi pada jaringan. Bisa dilihat dibawah sintaks yang dimiliki oleh perintah netstat :

# netstat [options] [-p protocol] [interval]
Misalnya ingin menggunakan netstat yang akan menampilkan semua informasi interface atau kartu jaringan yang terinstalasi didalam komputer secara lengkap cukup menggunakan opsi -ie.

# netstat -ie
Menjalankan netstat di Terminal
Selain menggunakan perintah tunggalnya netstat dapat digabungkan dengan perintah lainnya seperti grep ataupun simbol untuk menyimpannya kedalam file. Setelah mengetahui fungsi dan sintaks dari netstat, berikut adalah beberapa perintah dan opsi netstat yang sering digunakan didalam jaringan.

# netstat -i
Opsi -i memberikan informasi statistik untuk interface jaringan yang digunakan.

# netstat -ie
Opsi -e akan memberikan informasi tambahan untuk interface jaringan yang digunakan.

# netstat -ta
Opsi -ta digunakan untuk menampilkan socket TCP,UDP, RAW yang aktif atau pasif dan juga kondisi socket yang sedang menunggu koneksi.

# netstat -nr
Opsi -nr akan menampilkan alamat numerik dan juga akan menampilkan table routing yang digunakan interface.

# netstat –tcp –numeric
Perintah netstat diatas akan menampilkan informasi port TCP apa saja yang sedang berjalan dan hanya menampilkan alamat IP dari komputer yang menjalankan TCP.

# netstat –tcp –listening –program
Menampilkan port TCP yang sedang berjalan dan juga menunjukkan spesifikasi program yang sedang dijalankan.

# netstat –tapn | grep squid
Perintah diatas menggabungkan perintah netstat dan grep untuk menangkap informasi koneksi apa saja yang digunakan squid.

# netstat –statistic –raw
Opsi statistic digunakan untuk menampilkan statistik jaringan yang sedang berjalan dan opsi raw digunakan untuk menampilkan informasi dasar.

# netstat -b 10
Perintah netstat diatas akan menampilkan statistik yang berjalan dan uniknya dijalankan dalam jangka waktu setiap 10 detik.

# netstat -b 10 > /etc/catatan.txt
Perhatikan tanda > yang menunjukkan bahwa hasil output dari perintah netstat akan disimpan ke dalam file /etc/catatan.txt.
Dengan adanya perintah netstat tidak diperlukan aplikasi lain untuk memantau koneksi jaringan  ataupun socket dan port yang berjalan dikomputer server. Gunakan netstat untuk mempermudah dalam memantau jaringan.

sumber : InfoLinux 11/2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : Glenn Huib